Depan TANAH PADAS (CADAS)

TANAH PADAS (CADAS)

TANAH PADAS (CADAS) merupakan tanah yang amat padat dikarenakan mineral didalamnya dikeluarkan oleh air yang terdapat di lapisan tanah atasnya sehingga kandungan tanah telah hilang dan sisanya terdiri dari lapukan batuan induk. ciri khas dari tanah padas adalah kepadatannya yang luar biasa dibandingkan dengan jenis tanah lainnya, sehingga tanah ini akan lebih tampak sebagai batuan daripada tanah pada umumnya. Tanah padas ini hampir tidak mempunyai kandungan bahan- bahan organik yang tinggi. Dengan kata lain, kandungan bahan organik yang ada dalam tanah tersebut berjumlah sangat rendah. Karena kandungan bahan organik yang rendah inilah tanah padas ini merupakan tanah yang tidak cocok untuk bercocok tanam. Hal ini karena kandungan organik yang rendah tersebut menandakan bahwa tanah padas ini bukanlah jenis tanah yang subur karena itu tanah padas tidak mengandung mineral (atau jika ada juga berjumlah sedikit).

Tanah padas juga adalah jenis tanah yang sangat peka terhadap erosi tanah. Hal ini karena tanah ini tidak mempunyai cukup kandungan untuk dapat mempertahankan keutuhan struktur tanahnya, Jika struktur tanah ini tida dijaga dengan abik, akibatnya tanah tersebut akan mudah terkikis oleh air hujan dan semacamnya. Meskipun secara sifat struktus tanah padat, namun tanah ini ternyata sangat peka terhadap erosi pada tanah yang bisa terjadi setiap saat. serta mempunyai sifat sulit untuk menyerap air. Namun meskipun sulit, tanah padas ini tetap mampu atau bisa untuk menyerap air.

Tanah padas ini biasanya ditemukan di dalam tanah dengan kedalaman tertentu. biasanya akan didahului oleh beberapa jenis tanah lainnya. Tanah padas ini akan ditemukan setelah kita menggali pada kedalaman beberapa meter di dalam tanah. Oleh karena letaknya yang berada di kedalaman tertentu dan juga karena ditindih oleh lapisan- lapisan tanah yang ada di atasnya maka  tanah ini menjadi bertekstur padat dan tidak mepunyai kandungan air dan juga kandungan mineral.

Di Desa kami Desa Jatimulya tanah padas merupakan bebatuan yang ada diatas permukaan tanah, entah siapa yang memulai menggali, terjelasnya kisaran seluas 15 hektar tanah diatas perbukitan ini tanah padas berada lapisan paling atas. Aneh bukan?

Yuk kita kunjungi lapisan tanah dalam ini yang sekarang berada di lapisan paling atas, sebelum semuanya berubah menjadi tempat wisata.